Selasa, 30 Desember 2008

Sulitnya Jadi Idealis

Setelah berlama - lama dengan hal - hal tidak penting, saya putuskan untuk sedikit mengisi blog ini dengan hal yang lebih bermanfaat.

Sudah menjadi opini umum, bahwa menjaga idealisme adalah hal yang sulit. Ibarat kata seperti melawan setan lebih mudah daripada melawan diri sendiri.

Sekarang ini, ketika di media banyak diekspos pejabat negara, anggota dewan, atau bahkan menteri yang melakukan tindak korupsi, saya sendiri dan ( saya yakin ) hampir semua elemen bangsa ini mengecam ( bahkan menyumpah serapah ) tindakan itu. Saya pun selalu bicara,

" Gaji mereka kan sudah besar, knapa masih harus korupsi? "

Sekarang ini alhamdulillah saya masih memiliki keteguhan hati untuk mengecam dan menolak tindakan - tindakan seperti itu. Namun hati saya pun bergejolak,berpikir, dan membayangkan. Apakah 20 tahun lagi, semisal saya berada di posisi itu, apakah batin saya masih bisa terjaga untuk mengatakan tidak pada hal - hal hina itu. Mungkin hati saya masih bisa terjaga, tapi ketika di dalam otak ini ada segunung nafsu yang membabi buta, apakah saya masih bisa menolaknya ? Saya pun merasa takut, kalau - kalau 20 tahun lagi, nama saya tercantum di daftar orang yang melakukan tindak korupsi.

Jawaban dari pertanyaan ini adalah iman dan keteguhan. Tanpa itu, siapa yang tahu, ketika sekarang kita berteriak mengecam tindakan korupsi, tapi ternyata 20 tahun lagi, ketika di depan kita disodorkan seonggok uang ratusan ribu, apakah kita masih bisa menolaknya? Tanpa iman yang kuat? Saya pikir sulit atau bahkan tidak sama sekali.

Semoga keteguhan ini tetap terjaga hingga kapanpun di dalam hati saya.

3 komentar:

  1. "Setelah berlama - lama dengan hal - hal tidak penting"

    jangan menganggap apa yang telah kau perbuat itu tidak penting..

    itu sangat penting..

    karena itulah serpihan2 yang merangkai hidupmu boy...

    BalasHapus
  2. buktika 20 taun lg kamu ga jd salah satu buronan KPK..hehehe..=P

    BalasHapus
  3. wah pengertian Korupsi menurut UU Tipikor sangat luas...
    Kadang-kadang pun mungkin kita tidak sadar kalau kita telah berbuat Korupsi...
    tapi anak yang mengenal Hukum seprti mas Adrie kayaknya akan menjaga idealsmenya sampai kapanpun....

    BalasHapus