Rabu, 31 Desember 2008

3 PROGRAM TELEVISI YANG MEMPERBODOH BANGSA

Dewasa ini, saya diresahkan dengan beberapa program televisi yang bukannya semakin berkurang tapi justru semakin menjamur. Program – program tersebut saya golongkan menjadi 3 dan saya jabarkan pula efek negatifnya, sebagai berikut :

1. Program KETIK REG ( spasi ) BLABLABLA

Dalam program ini, ada 3 bentuk yang menurut saya, sangat berbahaya bagi bangsa kita, yaitu :

a. Dalam bentuk RAMAL
Sebagian besar paranormal di Indonesia seperti sudah kehilangan ladang penghasilan aslinya, mereka berbondong – bondong mengeksiskan diri dalam dunia KETIK REG ( spasi ) RAMAL. Hal seperti ini, dikhawatirkan akan menganggupikiran seseorang dalam menjalani kehidupannya. Ingat, belum tentu semua orang bisa berpikir dengan menggunakan logika dan akal sehatnya. Bisa dibayangkan betapa kacaunya kehidupan seseorang, bila ia selalu terpaku pada ramalan – ramalan yang tidak jelas kebenarannya.

b. Dalam bentuk TUNTUNAN HIDUP
Bentuk ini biasanya dijalankan dengan membalas permintaan sms tuntunan hidup dengan balasan berupa ayat – ayat yang terdapat dalam kitab suci. Betapa hinanya orang yang ikut dalam penyelenggaraan program ini. Ayat – ayat dalam kitab suci jelas merupakan berkah dan rahmat bagi semesta alam, bagi semua orang di dunia ini. Kita seharusnya bisa mendapatkannya sendiri, tanpa harus mengeluarkan uang. Dari hal ini, bisa terlihat, sesuatu yang sakral dan hakiki dalam dunia ini, bisa dikomersialkan begitu saja.

c. Dalam bentuk KUIS
Bentuk ini merupakan yang paling marak dan menjamur di televisi –televisi kita. Mengapa saya katakana program ini dapat memperbodoh bangsa ? Seperti ini logikanya, ketika di televisi – televisi disiarkan program kuis yang menawarkan hadiah yang sangat menggiurkan, banyak orang yang sangat tertarik padanya. Berlomba – lombalah mereka mengirimkan sms yang sebanyak – banyaknya. Dan orang yang sudah menngirim sms pada kuis tersebut, akan terus – menerus mengirim, sebelum mereka mendapatkan tujuan mereka, yaitu hadiah yang menggiurkan tersebut. Bisa dibayangkan berapa banyak uang yang terbuang hanya untuk hal tidak penting semacam ini.


2. Program SINETRON yang MENGEKSPOS KESEDIHAN dan PENINDASAN

Dunia sinetron kita, sekarang ini dirajai dengan tema – tema kesedihan dan penindasan. Di dalamnya ditayangkan, betapa jahatnya perlakuan seseorang terhadap saudaranya, betapa bodohnya seseorang dalam menangani sebuah masalah, dan betapa rapuhnya mental seseorang dalam menjalani kehidupan. Hal ini ditakutkan bisa merubah paradigma masyarakat dalam memandang kondisi bangsanya. Padahal, saya yakin, kondisi bangsa kita tidak seburuk dan sehina seperti apa yang digambarkan dalam sinetron – sinetron itu. Sinetron – sinetron ini, dikhawatirkan juga akan menyita waktu seseorang hanya untuk duduk di depan televisi untuk hal yang kurang bermanfaat.


3. Program FILM / SINETRON HORROR yang BERLEBIHAN

Bagi orang – orang dewasa yang sudah bisa menyikapi sesuatu dengan logis, tentunya hal ini tidak menjadi masalah besar. Tapi bagaimana dengan anak – anak kecil di negeri ini ? Belum tentu semua anak merupakan anak yang pemberani dan bisa berpikir logis. Semakin banyak disiarkan program seperti ini, akan semakin banyak pula :
a. Anak yang tidak mau belajar sendiri di kamar hanya karena takut setelah melihat film horror.
b. Anak yang takut terhadap hal – hal yang sebenarnya tidak perlu untuk ditakuti.
c. Orang tua yang tidak bisa melakukan aktivitasnya karena direpotkan oleh anaknya yang ketakutan karena menonton film horror.


Melihat kenyataan di atas, saya harap teman – teman bisa turut serta dalam upaya penyelamatan bangsa kita. Hal itu, salah satunya bisa dilakukan dengan memastikan televisi anda di rumah tidak akan hidup hanya untuk memutar program – program di atas. BANGKIT INDONESIA !

14 komentar:

  1. betul sekali bung adri. saya tidak setuju dengan program2 diatas. bahkan untuk sinetron kerap dibuat dengan plot yang sama hanya dengan artis berbeda. ironisnya tetap ditonton!*aku yo nonton*
    yang nggilani tuh sinetron indosiar yang dubbingan dan terkesan ngga berhenti2 tiap jam selalu ada. sekeluarga makan di ruang makan tau2 ada elang segede orang datang..wakakak lucu tenan

    BalasHapus
  2. dan ada lg bung kinkin..
    ketika sedang malam bulan purnama,tiba2 seorg pria tampan brubah menjadi manusia srigala..
    hhaaa..

    BalasHapus
  3. y0y0y banget
    tapi alisa bagus ko
    *ngeles

    BalasHapus
  4. wah..
    nek ngono berati tivi kudu dipateni terus no?
    la wong isine kui tok(3 itu tadi)hehehe.

    makanya, tonton pilm ipapapat :D
    *padahal blom jadi
    ayo buat film!!hehe.

    BalasHapus
  5. bener bgt.

    tp sebagian salah konsumen-nya juga. nek sinetron senbenarnya cukup jelas kalau fiksi -orang jalanan ra mungkin rupa ne ky Agnes Monica. kalau kata koh yang punya toko elektronik, cari uang ya cari uang, -yang penting halal- (ngga tau klo yg ramal sama tuntunan hidup)

    selama powerhouse nya masih Punjabi2an angel kyne. yg inovatif-kreatif do ra entuk sponsor sing saya-gadis-merana-jatuh-cinta-sama-pria-antagonis makin merajalela

    BalasHapus
  6. butuh orang kreatif untuk mengambil alih stir pertelevisian Indonesia sepertinya bung adrie...

    aku cukup tergugah..

    terima kasih postingan yang membuatku sedikit berpikir ini...

    wkkwkwk

    BalasHapus
  7. ya maka dari itu terjunlah ke dunia pertelevisian bung ojan..

    BalasHapus
  8. walah adrie..gayamu le...
    mulane..ra mung komentar..wani komentar wani nggawe solusi..=P

    tur yo ncen apik ide mu..hehehe..hebat juga teman saya yg selalu mbuat emosi jiwaku ini..hohoho

    BalasHapus
  9. ha. bagus ya blognya adrie. seriuuss je. hehe. tambahin dong ke no.4

    program reality show cinta2in anak muda.. haha sumpah mbleneg liatnya! mana katanya banyak yang boongan. udah memperbodoh, menipu lagi. dosa kuadrat.

    BalasHapus
  10. iya btul,saya jg mendapat sumber pelaku lgsg,ktny itu dibayar yg jd lakonnya,hhee..

    BalasHapus
  11. Tapi aku nglhat ada progres dikit ketimbang dulu.. Sekrang byk jg acara mutu smacam jejak petualang, jelajah, bolang, bondan lalalal
    *acara mengekspos indonesia byk bgt skrg.
    Dan TV one dan Metro TV juga sangat memberi ilmu.
    ada progress..

    Moga2 acara2 yg km sebutkan cuma trend sesaat. Semoga bentar lagi ilang dri tv.

    BalasHapus
  12. weiii.. adriiee. can cocok dirimu masuk hukum. hehe.
    benul2 bung. adekku menjadi korban sinetron2 horor. dadi jiden saiki. parah.
    hidup tvone! hidup metro tivi!

    BalasHapus
  13. Wah benar kata mas Adrie, pertelevisian kita jadi ndak teratur...
    Mas, Kalo gitu acara yang pantas dilihat oleh para Intelektual muda apa Mas????

    BalasHapus
  14. makanya drie,
    nonton tawa sutra aja.
    hehe

    BalasHapus